Sabtu, 29 November 2014

Pengertian Pulvis dan penjelasannya ^_^

Apa sih Pulvis itu?
Bagi Orang awam atau pelajar kesehatan yang baru mengenal dunia kesehatan mungkin masih bingung ketika ditanya tentang pulvis.
 
nah, di post ini saya akan menjelaskan sekilas tentang Pulvis ini, Let's check it out>> ^_^
1.Pengertian Pulvis

Pulvis (serbuk) adalah campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dihaluskan, ditujukan untuk pemakaian oral atau pemakaian luar. Karena mempunyai luas permukaan yang luas, serbuk lebih mudah terdispersi dan lebih larut daripada bentuk sediaan yang dipadatkan. Anak - anak dan orang dewasa yang sukar menelan kapsul atau tablet lebih mudah menggunakan obat dalam bentuk serbuk. Biasanya serbuk oral dapat dicampur dengan air minum.
Serbuk oral dapat diserahkan dalam bentuk terbagi (pulveres) atau tidak terbagi (pulvis). Serbuk oral tidak terbagi terbatas pada obat yang relatif  tidak poten seperti laksansia, antasida, makanan diet dan beberapa jenis analgetik tertentu, pasien dapat menakar secara aman dengan sendok teh atau penakar yang lain. Serbuk tidak terbagi lainnya adalah serbuk gigi dan serbuk tabur, keduanya untuk pemakaian luar.

Kesimpulan Fdesu : Pulvis itu obat yang berupa serbuk, ada yang untuk diminum dan ada yang hanya di gunakan di bagian luar tubuh, serbuk ada 2, serbuk tak terbagi (pulvis) dan serbuk terbagi (pulveres). Serbuk terbagi(pulveres) adalah puyer yang biasa anak2 terima apabila mereka diberi obat oleh dokter dan harus sesuai dosis yang akan diminum, sedangkan serbuk tak terbagi (pulvis) adalah serbuk obat yang dosisnya bisa diatur oleh pasien sendiri karena pulvis lebih aman.

2.Kelebihan dan Kekurangan sediaan Pulvis

Kelebihan
+dokter lebih leluasa dalam memilih dosis yang sesuai dengan keadaan si penderita.
+lebih stabil terutama untuk obat yang rusak oleh air.
+Penyerapan lebih cepat dan lebih sempurna dibanding sediaan padat lainnya.
+Cocok digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa yang sukar menelan kapsul atau tablet
+Obat yang terlalu besar volumenya untuk dibuat tablet atau kapsul dapat dibuat dalam bentuk serbuk

Kekurangan
-Tidak tertutupnya rasa tidak enak seperti pahit, sepat, lengket, di lidah (bisa diatasi dengan corrigens saporis(pemanis))
-Pada penyimpanan menjadi lembab

3.Jenis Serbuk

A. Pulvis Adspersorius
Adalah serbuk ringan, bebas dari butiran kasar dan dimaksudkan untuk obat luar. Umumnya dikemas dalam eadah yang bagian atasnya berlubanga dan halus untuk memudahkan penggunaan pada kulit.

B.Pulvis Dentifricius
Serbuk gigi, biasanya menggunakan carmin sebagai pewarna yang dilarutkan terlebih dahulu dalam chloroform / etanol 90%

C.Pulvis Sternutatorius
Adalah serbuk bersin yang penggunaanya dihisap melalui hidung, sehiingga serbuk tersebut harus halus sekali.

D.Pulvis effervescent
Serbuk effervescent merupakan serbuk biasa yang sebelum ditelan dilarutkan terlebih dahulu dalam air dingin atau air hangat dan dari proses pelarutan ini akan mengeluarkan gas CO2, kemudian membentuk larutan yang pada umumnya jernih. Serbuk ini merupakan campuran antara senyawa asam (asam sitrat atau asam tartrat ) dengan senyawa basa (natrium carbonat atau natrium bicarbonat)

Interaksi asam dan basa ini dalam air akan menimbulkan suatu reaksi yang menghasilkan gas karbondioksida. Bila keadaan campuran ini ditambahkan zat berkhasiat maka akan segera dibebaskan sehingga memberikan efek fermakologi dengan cepat. Pada pembuatan bagian asam dan basa harus dikeringkan secara terpisah.



itulah sekilas tentang pulvis, terimakasih telah mengunjungi blog kami ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar