Jumat, 26 Desember 2014

Apa itu Miliaria?

Apa itu miliaria? pasti sobat fdesu masih bingung dengan istilah satu ini.
biar tambah tau, kita simak dulu yuk artikel ini ^_^
Pengertian
Miliaria (biang keringat, keringat buntet, liken tropikus, pricle heat) adalah kelainan kulit akibat tertutupnya saluran kelenjar keringat yang menyebabkan retensi keringat. Berdasarkan letak sumbatan, miliaria diklasifikasikan menjadi miliaria kristalina, rubra dan profunda. (buku :kapita selekta kedokteran, ed.3 hal 132).

Manifestasi Klinis
Pada miliaria kristalina sumbatan terjadi intra / subkorneal. Terlihat vesikel berukuran 1- 2 mm terutama pada badan setelah banyak berkeringat, misalnya karena hawa panas, yang bergerombol tanpa tanda radang pada bagian tertutup pakaian. Umumnya tidak memberi keluhan dan sembuh dengan sisik halus.
Pada miliaria rubra sumbatan terjadi pada stratum spinosum. Terlihat papul merah atau papul vesikular ekstrafolikular yang gatal dan pedih pada badan tempat tekanan atau gesekan pakaian. Miliaria jenis ini terdapat pada orang yang tidak biasa pada daerah tropik.
Miliaria profunda terjadi bila sumbatan terdapat pada dermis bagian atas, biasanya timbul setelah miliaria rubra, ditandai papul putih, keras, berukuran 1-3 mm, terutama di badan dan ekstremitas.

Penatalaksanaan
Penting untuk menghindari panas yang berlebihan, mengusahakan ventilasi yang baik dan menggunaakan pakaian tipis dan menyerap keringat. Untuk miliaria kristalina tidak diperlukan pengobatan. Untuk miliaria rubra dapat diberikan bedak salicyl.
 






Semoga artikel ini berguna bagi sobat semua :D
jangan bosan mengunjungi blog ini ya.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar