Rabu, 18 Maret 2015

Macam-macam tablet berdasarkan jenis bahan penyalut

Hai sobat Fdesu!
kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa tablet salut hanya 1 jenis
tapi kenyataannya ada banyak lho..
 
 inilag jenis-jenis tablet berdasarkan penyalutnya



Macam-macam tablet salut

A. Tablet salut biasa/ salut gula (dragee)
Tablet salut gula adalah tablet yang disalut dengan gula dari suspensi dalam air. Mengandung serbuk yang tidak larut seperti pati, kalsium karbonat, talk atau titanium dioksida yang disuspensikan dengan gom akasia atau gelatin.
Kelemahan tablet salut gula adalah waktu penyalutan lama, dan perlu penyalut tahan air. Hal ini memperlambat disolusi dan memperbesar bobot tablet.
 
gambar: tablet gula
B.Tablet salut selaput (film coated tablet/fct)
Tablet yang disalut dengan hidroksipropil metilsesulosa, metil selulosa, hidrosi propil selulosa, Na-CMC dan campuran selulosa asetat ftalat dengan P.E.G yang tidak mengandung air atau mengandung air.
gambar : film coated tablet

C.Tablet salut kempa
Tablet yang disalut secara kempa cetak dengan massa granulat yang terdiri dari laktosa, kalsium fosfat dan zat lain yang cocok. Mula-mula dibuat tablet inti, kemudian dicetak kembali bersama granulat kelompok lain sehingga terbentuk tablet berlapis (multi layer tablet). Tablet ini sering dipergunakan untuk pengobatan secara repeat action.

D.Tablet salut enterik (enteric coated tablet)
Tablet ini disebut juga tablet lepas-tunda. Jika obat dapat rusak atau inaktif karena cairan lambung atau dapat mengiritasi mukosa lambung, diperlukan penyalut enterik yang bertujuan untuk menunda pelepasan obat sampai tablet melewati lambung. Bahan yang digunakan sebagai penyalut adalah Salol, Keratin, Selulosa Acetat Phtalat.

E.Tablet lepas-lambat (sustained release)
Tablet ini disebut juga tablet dengan efek diperpanjang, efek pengulangan atau tablet lepas lambat. Dibuat sedemikian rupa sehingga zat aktif akan tersedia selama jangka waktu tertentu setelah obat diberikan.

pernah ada yang tanya
Q : Apa bedanya tablet lepas tunda dengan tablet lepas lambat?
A : Tablet lepas tunda itu tabletnya dilapisi(diberi pelindung) agar bisa melewati lambung biar bisa ketempat tablet itu ditujukan, misalnya usus 12jari, sedangkan tablet lepas lambat adalah tablet yang hancurnya perlahan2, agar efeknya lama, contonya obat maag, yang dapat bekerja berjam-jam.

Gimana? sudah lebih tau kan sekarang? jika ada pertanyaan silakan comment ya..
jangan bosan berkunjung..
sayonara (^o^)/

1 komentar:

  1. Hebat gan,ternyata di luar sana ada yang seperti saya (seorang farmasi sekaligus penyuka anime)๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus